Published On: Wed, Mar 12th, 2014

Gambaran Alam Surga dan Udaranya (3)

Urgensi Iman Kepada SurgaLuas Surga
Allah swt. menggambarkan kepada kita lewat firmanNya tentang luas surga, didalam surat Al Imron:

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kalian kepada ampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (QS.Al-Imron, 132).

Dalam kehidupan kita sehari-hari didunia ini, kita mengetahui dan menggunakan satuan-satuan ukuran, diantaranya adalah  panjang dan lebar. Dalam pemakaian ukuran itu biasanya satuan lebar lebih sempit atau lebih pendek dari ukuran panjang. Marilah kita berhayal-hayal ukuran panjang surga yang memilki lebar selebar tujuh lapis langit dan bumi.Dan benarlah Rasulullah dikala Beliau menyimpulkan tentang gambaran surga itu dengan kesimpulan bahwa surga itu ihwal  yang belum pernah dilihat oleh mata dan belum pernah  didengar oleh telinga dan bukan sebagaimana yang terbayang dalam hati seseorang.

Nuansa Alam Surgawi
Gambaran alamiah surga sngatlah menakjubkan, Al-Mufassir Al Zamahsyari berkata : “Bahwa surga itu adalah kebun yang rimbun dengan pepohonan, yang syarat dengan pohon kurma. Maka akan terlihatlah panorama yang menakjubkan, yang menggugah jiwa-jiwa suci untuk menikmatinya. Pepohonan indah yang mudah digapai penghuninya, buah-buahan surgawi yang bemacam-macam aroma dan rasanya yang membuat jiwa-jiwa bersih merindukannya. Dapatlah pula penghuni surga merasakan bagaimana nyamannya ditempat mulia ini, karena disana selalu ada dua mata airyang kedua-duanya selalu mengalir, tidak kering-keringnya. Dan kedua mata air itulah yang selalu menyuburkan taman-taman surgawi, bunga-bungaan yang wangi semerbak nan merekah dan beraneka warna. Rasakanlah apalah artinya jika disebuah taman ada air yang selalu mengalir dan menyuburkan semua tanamannya, bahwa semua itu merupakan Maha Rahman Ilahi atas penghuni surgaNya.Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori Rasulullah bersabda:

Sesungguhnya didalam surga terdapat sebatang pohon dan bayang-bayang pohon itu ditempuh oleh sesorang yang bepergian dengan mengendarai kendaraannya membutuhkan waktu seratus tahun tanpa berhenti.( HR. Muslim, Kitab sifat Al-Jannah,Vol II, hal 637)

Udara Surga
Kesejukan udara surga dan keindahan cuacanya adalah sebagai kebalikan panasnya Jahannam dan jilatan apinya yang dahsyat. Allah swt. berfirman:

مُتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ لَا يَرَوْنَ فِيهَا شَمْسًا وَلَا زَمْهَرِيرًا(13)وَدَانِيَةً عَلَيْهِمْ ظِلَالُهَا وَذُلِّلَتْ قُطُوفُهَا تَذْلِيلًا(14)

Didalamnya merekaduduk bertelakan diatas dipan,mereka tidak merasakan didalamnya teriknya matahari dan tidak merasakan dingin yang menusuk. Dan naungan pohon-pohon surga itu dekat diatas mereka dan buahnya dimudahkan untuk memetiknya dengan semudah-mudahnya.(QS.Al-Insan: 13-14).

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا

Orang-orang mu’min dalam huniannya  yang sunyi senyap lagi nyaman, mereka menikmati udara yang sejuk, mereka tidak merasakan sengatan panas, dan tidak pula merasakan dingin yang menusuk, sebagaimanapula mereka bernaung dibawah naungan pohon sembari  beristirahat. Allah berfirman: (QS.Annisa: 58) artikel selanjutnya

 

 

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Rian says:

    Alhamdulillah…sngat bnyak manfaatnya. Izin share ya..

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih