Published On: Tue, Mar 11th, 2014

Nama-Nama Surga (2)

Urgensi Iman Kepada SurgaKata Al-Jannah ( surga ) didalam Al-qur’an terdapat dalam 120 ayat atau lebih. Dan Allah swt. memberikan nama-nama surga didalam kitab suciNya sesuai dengan situasi yang ada didalamnya, kemegahan, kedamaian, kesentosaan, kekekalan, penuh kenikmatan, kasih sayang, keagungan sesuai dengan keagungan pemiliknya. Nama-nama surga itu adalah :

1-Jannatul Ma’wa (surga tempat kembali )
Artinya bahwa surga merupakan tempat kembali kekasih dan para wali Allah. Allah berfirman:

أَمَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ جَنَّاتُ الْمَأْوَى نُزُلًا بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Adapun orang-orang  yang beriman dan mengerjakan amal shaleh , maka bagi mereka Jannaatul Ma’wa, sebagai pahala bagi apa yang mereka kerjakan.(QS. As Sajdah,19)

2-Jannatu Adn.

جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ

Balasan mereka di sisi Tuhan  mereka adalah surga ‘And yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal didalamnya selama-lamanya. Allah ridho terhadap mereka dan merekapun ridho kepadaNya. Yang demikian itu adalah balasan bagi orang-orang yang takut kepada Tuhannya. (QS. Al bayyinah,8).

3-Jannatu Na’iim ( surga yang penuh dengan kenikmatan )

فَأَمَّا إِنْ كَانَ مِنَ الْمُقَرَّبِينَ(88)فَرَوْحٌ وَرَيْحَانٌ وَجَنَّةُ نَعِيمٍ(89)

Adapun jika dia ( orang yang mati ) termasuk yang didekatkan kepada Allah, maka dia memperoleh ketenteraman dan rizqi serta Jannatu Na’iim. ( QS. AlWaqi’ah,88-89).

4-Daarul Muqomah ( tempat kekal).

وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ(34)الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ(35)

Dan mereka berkata: “ Segala puji bagi Allah yang yang telah menghilangkan rasa duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensykuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal ( surga) dari karuniaNya. Didalamnya kami tidak merasa lelah dan lesu. (QS. Faathir,34-35).

5-Daarussalaam (tempat yang penuh kedamaian)

وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ(25)

Allah menyeru manusia ke Daarussalam ( surga yang penuh kedamaian), dan memberikan hidayah kepada orang-orang yang dikehendaki kepada yang lurus. (QS. Yunus,25).

6-Maqom Amiin ( pemukiman yang sentausa).

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di Maqom Amiin, yaitu didalamtaman-taman dan mata air mata air (QS.Ad Dhukhon,51-52).

7-Al Firdaus (Paradiso ).

إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Sesungguhnya bagi orang yang beriman dan beramal, bagi mereka surga Firdaus menjadi tempat tinggal.(QS. Al Kahfi,107).

Surga Firdaus merupakan surga yang paling tengah dan tertinggi, oleh karenanya hendaklah kita memohon kepada Allah untuk ditempatkan di surga Firdaus. Rasulullah bersabda:

إن في الجنة مائة درجة أعدها اللهلا للمجاهدين في سبيله كل درجتين ما بينهما كما بين السماء والأرض فإذا سألتم فاسألوه الفردوس فإنه أوسط الجنة وأعلى الجنة وفوقه عرش الرحمن ومنه تفجر أنهار الجنة رواه البخاري عن أبي هريرة في كتاب التوحيد الجزء 8 الصفحة 176.

Sesungguhnya didalam surga itu terdapat seratus tingkat yang disediakan Allah bagi para mujahidin dijalanNya, jarak antara dua tingkat sejauh jarak antara langit dan bumi. Apabila kalian memohon kepadaNya mintalah AlFirdaus, karena Firdaus merupakan surga yang paling tengah dan paling tinggi dan diatasnya adalah Arsy Allah yang bersifat Rahman dan dari sana pula sungaisungai surga mengalir. (HR.Bukhori dari Abi Hurairoh,Kitab tauhid,vol 8, hal.176).
artikel selanjutnya

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih