Published On: Mon, Mar 17th, 2014

Siapakah Yang Akan Menghuni Surga? (8-habis)

Urgensi Iman Kepada Surga1. Para Nabi dan Rasul
Rasulullah bersabda: Sesungguhnya ahli surga menyaksikan penghuni kamar-kamar surga dari atas mereka laksana menyaksikan bintang yang bersinar yang lewat diupuk barat atau timur. karena kelebihan diantara mereka. Para shahabat bertanya: Ya Rasulallah, itu adalah kedudukan para nabi yang tidak bisa dicapai oleh selain mereka. Rasulullah menjawab: Tentu saja. Demi nyawaku yang ada ditanganNya. Mereka adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan membenarkan para rasul.( HR. Muslim, kitab sifat al-jannah, vol II, hal 378).

2-Mujaahiduun ( para pejuang di jalan Allah)
Sesungguhnya didalam surga itu terdapat seratus tingkat yang disediakan Allah bagi para mujahidin dijalanNya, jarak antara dua tingkat sejauh jarak antara langit dan bumi. Apabila kalian memohon kepadaNya mintalah AlFirdaus, karena Firdaus merupakan surga yang paling tengah dan paling tinggi dan diatasnya adalah Arsy Allah yang bersifat Rahman dan dari sana pula sungai-sungai surga mengalir. (HR.Bukhori dari Abi Hurairoh,Kitab tauhid,vol 8, hal.176).

3. Orang-Orang Yang Bertakwa

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (QS. AL-Imron,133)

4. Orang-Orang Yang Takut Akan Kebesaran Allah

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى(40)فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى(41)

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya). ( QS. An naazi’at,40-41)

5-Orang-Orang Lemah dan Orang-Orang Miskin Yang Beriman
Rasulullah bersabda: Surga dan Neraka berdebat, neraka berkata masuk kepadaku orang-orang congkak dan sombong, dan surga berkata: masuk kepadaku orang-orang lemah dan orang-orang miskin. Maka Allah berkata kepada neraka: engkau adalah siksaKu dan Aku menyksa siapa saja yang Aku kehendaki. Dan Allah berkata kepada surga kamu adalah kasih sayangKu, dan Aku menyayangi siapa saja yang Aku kehendaki.(HR. Muslim, kitab sifat Al-Jannah, vol II, hal 643).

6-Orang-Orang Yang Beriman Dengan La Ilaha Illallah dan Beramal Shaleh.
Allah berfirman:

وَالَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فِي رَوْضَاتِ الْجَنَّاتِ

Dan orang-orang yang saleh (berada) di dalam taman-taman surga (QS. Asysyuro: 22)

Berhakkah Anda masuk surga  ?

Kesimpulan
Ketika kepada Rasulullah ditanyakan orang tentang keadaan Surga, Rasulullah menjawab dengan pendek: Sesuatu yang tak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tak pernah terbayang dalam khayal manusia( keindahannya).

Berkata Anas bin Malik, Said Al-Khudry dan Abdullah bin Amru ibnu Ash:” Bagaimana kita dapat menilai suatu tempat yang diciptakan sendiri oleh Allah dengan tangan-Nya untuk tempat bagi kekasih-kekasih-Nya, tentu penuh dengan rahmat, kesenangan, keni’matan, kelezatan, kemewahan, kegembiraan yang tiada putusnya sebagai kemenangan yang  terbesar.

Diterangkan oleh Rasulullah saw bahwa perumpamaan perbandingan antara dunia dan akhirat (surga) adalah seperti seseorang pergi ke pinggir laut, lalu memasukkan sebuah jari tangannya ke air laut, lalu mengangkat tangannya kembali. Air yang ada pada jari itulah dunia, sedang air yang masih tinggal di lautan, itulah akhirat atau surga. Jadi kesenangan dunia  ini adalah ibarat setetes air, sedang kebahagiaan Akhirat ( surga ) adalah seperti seluruh air samudera. Semoga Allah SWT memberikan taufiq dan hidayah untuk selalu berbuat amal yang membawa kita kedalam surga-Nya yang penuh kenikmatan. Amiiin. artikel pertama

Daftar Pustaka:

1-Al-Qur’an

2-Shohih Al- Bukhori

3-Shohih Al-Muslim

4-Tafsiir Al-Kasysyaaf , Al-Imam Al-Zamhsyari

5-Al-Masyahid Fii-Alqur’an Al-Kariim, Dr. Hamid Shodiq Qutaibi

6-Samudera Al-Fatihah, Bey Arifin

7-Tafsiir Al-Azhar, Frof. Dr. Hamka

 

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih