Published On: Sun, Dec 1st, 2013

Amanat, Iman & Ilmu

Amanat, Iman & IlmuIbnu Taimiah berkata, “Pencabutan amanat dan iman bukanlah berarti pencabutan ilmu. Karena manusia terkadang diberikan keimanan, namun tidak diberikan keilmuan. Keimanan seperti ini mudah hilang dari jiwanya, sebagaimana hilangnya keimanan Bani Israil, tatkala mereka melihat anak sapi (yang disembah).

Adapun orang yang diberikan ilmu serta iman, maka iman tidak akan hilang dari jiwanya dan ia tidak akan keluar dari Islam. Hal ini berbeda kalau hanya diberi Al-Quran atau iman saja. Iman semacam ini terkadang hilang, sebagaimana realitas yang ada dalam kehidupan. Akan tetapi, kebanyakan riddah (kemurtadan) yang kita temukan, terjadi pada orang yang hanya memiliki Qur`an, namun tanpa ada ilmu dan iman, atau orang yang memiliki iman, namun tanpa ada ilmu dan Quran. Maka, orang yang memiliki Al-Quran, iman, dan ilmu pengetahuan, niscaya iman tidak akan hilang dari jiwanya.

Wallahu a’lam.(al-Fataawa 18/305)

 

 

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih