Published On: Wed, Feb 12th, 2014

Antara Bersegera Dan Tergesa-gesa

Al- Imam Ibnu Qayyim Al- Jauziyah berkata:

Bersegera adalah berusaha melakukan sesuatu tepat pada waktunya dan tidak membiarkannya lewat begitu saja. Bersegera berarti tidak melakukan sesuatu sebelum dan sesudah lewat waktunya tetapi jika waktunya tiba ia bersegera mengerjakannya   lalu menuntaskannya. Ibarat bersegera memetikbuah dipohon yang sudah matang.

Sedangkan tergesa-gesa adalah mengerjakan sesuatu sebelum waktunya ibarat memetik buah dipohon yang belum matang.

Jadi bersegera adalah hal tengah-tengah antara sikap berlebihan / menyia-nyiakan sesuatu dengan tergesa-gesa melakukan sesuatu sebelum waktunya. Oleh karenanya tergesa-gesa dikategorikan perbuatan syetan.

Dampak sikap tergesa-gesa dapat menhilangkan keteguhan, mengurangi wibawa, tidak bijaksana, menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya, mendatangkan banyak keburukan dan mencegah timbulnya kebaikan. Oleh karenanya sikap tergesa-gesa identik dengan penyesalan karena perbuatan yang dilakukan dengan tergesa-gesa hanya akan menimbulkan penyesalan sesudahnya.

( Ibnu Qayyim Al- jauziyah, kitab Ar-Ruh, Beirut, Dar-Fikr 1412 H / 1992 M) hal 251.

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih