Published On: Tue, Dec 24th, 2013

Antara Rupa Dan Hati

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ » رواه مسلم

Antara Rupa Dan HatiDari Abu Hurairah Ra, ia berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa dan hartamu, tetapi Allah melihat kepada hati dan perbuatanmu.” (HR. Muslim)

Hadis ini memberi gambaran kepada kita tentang objek penglihatan Allah terhadap hamba-Nya, supaya kita dapat memosisikan dengan baik dan memberikan perhatian yang benar terkait dengan bentuk rupa, harta, hati dan perbuatan.

Bentuk rupa yang indah dan harta yang banyak biasanya menjadi kebanggaan manusia, tetapi ternyata tidak menjadi objek pandangan Allah. Oleh karena itu hendaknya setiap kita jangan sampai terpedaya oleh keduanya, sebab berapa banyak mereka yang dianugerahi dua hal tersebut berakhir dengan kehancuran ketika tidak menunaikan hakhaknya. sebagaimana Qarun yang hartanya membawanya kepada kehancuran. Atau bentuk tubuh idel orang-orang munafik Madinah yang membuat kaum muslimin terkagum-kagum, tetapi membawa kerugian bagi pemiliknya.

Hendaknya perhatian lebih kita berikan untuk menata dan membersihkan hati, sebab hati yang bersih merupakan tiket berjumpa dengan Allah Ta’ala dalam keadaan damai, terhindar dari dah syatnya hari kiamat dan hari dimana harta dan anak-anak tiada guna:

“Di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih” (As Syuaraa [26]: 88-89)

Kemudian berupaya seoptimal mungkin untuk selalu menata perbuatan kita agar selaras dengan apa yang diinginkan Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.

Hadis ini menegaskan jangan sampai rupa yang indah dan harta yang banyak membawa kepada kesombongan. Tetapi hendaknya bersyukur atas kedua nikmat tersebut dengan menunaikan hak-hak yang ada padanya.

Berpenampilan baik yang membuat indah pemandangan adalah termasuk ajaran Islam, sebab Allah Ta’ala adalah Maha Indah dan menyukai keindahan. Demikian halnya dengan harta, ada kewajiban yang harus ditunaikan darinya, berupa zakat, infaq dan shadaqah. Dan patut kita ingat bahwa sebaik-baik harta adalah harta yang ada dalam genggaman orang shaleh.

Fikih Hadis

  • Bentuk rupa yang indah dan harta yang banyak biasanya membawa kepada kehancuran, kecuali mereka yang mensyukurinya.
  • Hati dan perbuatan adalah objek penglihatan Allah yang harus selalu ditata agar mendapat ridhaNya.
  • Hati yang bersih adalah tiket berjumpa dengan Allah Ta’ala dalam keadaan damai dan selamat.

 

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih