Published On: Wed, Mar 6th, 2013

Berfikirlah Tentang Ciptaan Allah

تَفَكَّرُوا فِي خَلْقِ اللَّهِ ، وَلا تَفَكَّرُوا فِي اللَّهِ (رواه أبو نعيم عن ابن عباس)

Berfikirlah Tentang Ciptaan AllahArtinya “Berfikirlah kamu tentang ciptaan Allah dan janganlah kamu berfikir tentang Dzat Allah” (HR. Abu Nu’aim dari Ibnu Abbas). Hadits ini dihasankan Syaikh Nashiruddin Al-Albani dalam Shahihul Jami’sh Shaghir (2976) dan Silsilatu Ahadits Ash-Shahihah (1788).

Hikmah

Salah satu ciri khas manusia, yang membedakannya dari makhluk lain adalah berpikir. Karenanya, ada sebagian ilmuwan yang mendefinisikan manusia dengan ungkapan, “Manusia adalah hewan yang berpikir”. Dengan berpikir manusia bisa meraih berbagai kemajuan, kemanfaatan dan kebaikan. Dengan berpikir pula manusia mengalami kesesatan dan kebinasaan.

Oleh karena itu, dalam hadits ini Rasulullah saw. Memerintahkan kita untuk melakukan tafakur yang akan mengantarkan kita kepada kemanfaatan, kebaikan, ketaatan, keimanan dan ketundukan kepada Allah Taala, yaitu dengan tafakur mengenai makhluk ciptaan Allah. Sebaliknya, beliau melarang kita berpikir tentang Dzat Allah karena kita tidak akan menjangkaunya, juga bisa mengantarkan kita kepada kesesatan dan kebinasaan. Sebagaimana yang dialami para filosof dan kaum rasionalis yang memaksakan diri berpikir tentang Dzat Allah. Sehingga mereka terjerumus dalam kesesatan di bidang aqidah dan keyakinan. Wal ‘iyadzu billah. (Sarah Lengkap Arba’in Tarbawiyah, Fakhruddin Nursyam, Hal. 133-134).

Fiqh Hadits

  • Urgensi merenungkan ayat-ayat kauniah.
  • Membangun ma’atullah (kebersamaan dengan Allah) dalam diri seorang muslim.
  • Tidak dibenarkan dalam Islam memekirkan tentang Dzat Allah.
  • Alam semesta merupakan dalil adanya Khaliq, yaitu Allah SWT.

About the Author

-

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. indah purnamasari says:

    itu hadist di atas ada yang kurang engga sih ?

  2. fahmi says:

    izin copas ya

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih