Published On: Mon, Jan 20th, 2014

Harta Dan Kedudukan

عَنِ ابْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ الأَنْصَارِىِّ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا ذِئْبَانِ جَائِعَانِ أُرْسِلاَ فِى غَنَمٍ بِأَفْسَدَ لَهَا مِنْ حِرْصِ الْمَرْءِ عَلَى الْمَالِ وَالشَّرَفِ لِدِينِهِ ».أخرجه الترمذي في سننه

Harta Dan KedudukanDari Ka’ab bin Malik al-Anshari dari ayahnya berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Tidaklah dua serigala lapar dikirim ke tengah kumpulan kambing lebih merusak dari pada ambisi seseorang terhadap harta dan kedudukan untuk (kepentingan) agamanya.” (HR. Tirmidzi dalam kitab az-Zuhdu)

Tak diragukan lagi bahwa harta dunia yang ada disekitar kita dapat menyilaukan mata dan meluluhkan iman karena pesona dan daya tarik yang dimilikinya. Betapa banyak manusia yang akhirnya tersungkur dalam kubang dosa karena ambisi jiwanya mengumpulkan harta benda walau dengan cara yang tidak benar dan diharamkan Allah Ta’ala. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab:

Pertama, cinta yang sangat kuat kepada harta sehingga ia selalu berupaya sekuat tenaga untuk mendapatkan dan mengumpulkannya. Kedua, bahwa harta yang ia kumpulkan ternyata berasal dari sumber yang haram atau ia lakukan dengan cara yang bertentangan dengan syariat.

Demikian pula kedudukan atau jabatan yang disandang seseorang, begitu menggoda dan menyilaukan mata. Sehingga berapa banyak saudara kita yang rela berkorban, mengeluarkan harta bendany yang tidak sedikit untuk duduk sebagai anggota dewan yang terhormat, atau sebagai pejabat eksekutif. Bila saja jabatan itu ia tunaikan haknya dengan baik, bersifat adil dan amanah sebagai pemimpin, maka itulah yang dinginkan oleh Rasulullah saw..

Maka harta dan jabatan adalah dua dari tiga hal yang ditawarkan para pemimpin Quraiys kepada Rasulullah saw. Agar rela meninggalkan risalah yang ia serukan. Mereka tahu bahwa ketiga hal ini adalah senjata ampuh yang dapat melumpuhkan keyakinan dan ketegaran seseorang. Namun beliau menampik seluruh tawaran itu. Sebagai isyarat bahwa harta dan jabatan memiliki daya rusak luar biasa terhadap agama dan iman seseorang bila ia tidak menyari bahwa semua itu adalah amanah dan titipan Allah.

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih