Published On: Tue, Dec 10th, 2013

Jangan Kikir

«وَاتَّقُوا الشُّحَّ فَإِنَّ الشُّحَّ أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ حَمَلَهُمْ عَلَى أَنْ سَفَكُوا دِمَاءَهُمْ وَاسْتَحَلُّوا مَحَارِمَهُمْ »

Jangan KikirDari jabir bin Abdillah radiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah saw bersabda :”…Dan takutlah kalian dari sifat kikir, karena kikir telah menghancurkan orang-orang sebelum kamu, ia menyebabkan mereka saling membunuh dan saling menghalalkan apa yang diharamkan (oleh) Allah atas mereka “ (H.R Muslim)

Hadits dari sahabat Rasul yaitu, Jabir bin Abdillah radiyallahu ‘anhu di atas, menjelaskan tentang bahaya sifat kikir. Banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan oleh sifat ini, di antaranya adalah kehancuran, terjadinya sikap saling membunuh yang berujung pada kematian dan menghalalkan apa yang Allah haramkan.

Tiga dampak negatif ini lah yang dominan manakala sifat kikir menjangkiti manusia. Kehancuran akan menimpa manusia yang diberi kelimpahan harta namun ia menahannya untuk kepantingan pribadi dan kepentingan keluarganya saja. Sementara di sekitarnya terdapat komunitas mustadh’afin (orang-orang yang lemah), namun hatinya tidak bergeming untuk sekedar membantu kebutuhan primer sang tetangga. Sehingga do’a-do’a negatif meluncur dari lesan-lesan mereka yang berujung pada gagalnya setiap usaha yang dibangun oleh para sang kaya nan pelit, maka terjadilah kebangkrutan dari setiap usaha yang mereka bangun.

Dampak ketiga adalah menghalalkan apa yang diharamkan Allah. Orang yang kikir adalah manusia egois, manusia yang mencintai dirinya di atas yang lain, termasuk batasanbatasan Allah swt, sehingga yang haram ia halalkan.

Fiqh Hadits

1. Melindungi diri dari sifat kikir merupakan kewajiban setiap muslim.

2. Kehancuran umat terdahulu diantaranya adalah karena factor kikir mereka.

3. Akibat dari dominasi sifat kikir pada manusia adalah terjadinya perbuatan saling membunuh dan melanggar aturan Allah swt.

 

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Displaying 1 Comments
Have Your Say

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih