Published On: Thu, Dec 13th, 2012

Luasnya Samudera Sedekah

عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ الدِّيلِيِّ عَنْ أَبِي ذَرٍّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ

عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ذَهَبَ

أَهْلُ الدُّثُورِ بِالْأُجُورِ يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّي وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَيَتَصَدَّقُونَ

بِفُضُولِ أَمْوَالِهِمْ قَالَ أَوَ لَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ

صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةً

وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ وَفِي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ

قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَأتِي أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ قَالَ أَرَأَيْتُمْ

لَوْ وَضَعَهَا فِي حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا

فِي الْحَلَالِ كَانَ لَهُ أَجْرًا

Abu Dzar ra. Berkata : Sekelompok sahabat berkata kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya pergi dengan membawa banyak pahala. Mereka shalat sebagaimanak kami shalat, berpuasa sebagaimana kami berpuasa, namun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya, ” Nabi saw.bersabda ,”Buankah Allah telah menjadikan untukmu sesuatu yang dapat disedekahkan ? , bahwa setiap kali tasbih adalah sedekah, setiap kali tahmid adalah sedekah, setiap kali tahlil adalah sedekah, menyuruh kapada yang kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan pada bagian tubuh kalian (hubungan suami istri) salah seorang diantara kalian adalah sedekah.” Meraka bertanya, Wahai Rasulullah, Apakah jika salah seorang diantara kami memenuhi hajat syahwatnya maka ia berpahala ? Rasulullah menjawab, “Menurutmu, bukankah jika ia menyalurkan syahwatnya pada yang haram berdosa ? maka demikian pula jika ia menyalurkannya pada yang halal, ia mendapatkan pahala, ” ( HR. Muslim )

Mereka yang medatangi Rasulullah saw, yang seakan menuntut sesuatu, mengadukan nasibnya, adalah para fuqara’-orang-orang miskin- dari golongan muhajirin.

Memang mereka seakan berdemo, mengadukan nasib dan menyampaikan tuntutannya-dengan bahasa lembut mereka- namum yang perlu digarisbawahi, mereka yang miskin itu, tidak sedang menuntut harta atau jatah pangan..

Mereka mengadukan nasib pahala mereka, mereka seakan iri kepada yang kaya, tapi bukan iri akan hartanya, tidak sedang menuntut keadilan, kenapa mereka miskin dan yang lainnya kaya, bukan dan sekali lagi bukan itu…mereka iri terhadap perolehan pahala orang-orang kaya, karena ibadah mereka mungkin sama kualitasnya, akan tetapi yang kaya bisa meraih pahala bersedekah dengan harta, sedang mereka tidak.

Betapa kita dapat merasakan gejolak semangat yang membara di hati mereka, semangat untuk meraih pahala, semangat untuk menggapai syurga-NYA, semangat tak mau ketinggalan dalam berlomba melakukan kebaikan…. keimanan yang ada dalam hatinya mampu menggerakkan lisan mereka untuk membahasan harapan tingi mereka akan pahala…

Sering kita mendengar orang menuntut bagian dunianya, jarang kita melihat orang menunntut untuk berkarya demi mengapai pahala-NYA, pantaslah kalau Allah berfirman tentang mereka para shahabat Rasulullah saw “Radhiyallahu `anhu wa radhuu `anhu\”- Allah ridha pada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah- .

Namun ternyata tidak hanya dengan harta kita kan meraih pahala shadaqah. Dihari dimana banyak saudara kita yang tertimpa musibah, inilah saatnya berlomba untuk berbagi dan berderma untuk mereka.

Beberapa cara meraih pahala shadaqah :

  • Bershadaqah dengan harta.
  • Berdzikir dengan kelimat – kalimat tayyibah.
  • Berdakwah, amar ma`ruf nahi munkar.
  • Hubungan harmonis suami istri.

Namun bagi yang berharta, lakukanlah point pertama dan jangan tinggalkan point-point berikutnya.

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih