Published On: Fri, Apr 5th, 2013

Mendekat Kepada Allah SWT.

عَنْ أَنَسٍ – رضى الله عنه – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – يَرْوِيهِ عَنْ رَبِّهِ قَالَ « إِذَا تَقَرَّبَ الْعَبْدُ إِلَىَّ شِبْرًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا ، وَإِذَا تَقَرَّبَ مِنِّى ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ مِنْهُ بَاعًا ، وَإِذَا أَتَانِى مَشْيًا أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً »

Mendekat Kepada Allah SWT.Dari Anas Radhiallahu Anhu dari Nabi SAW menurut riwayat dari Tuhannya, Dia Berfirman: “Apabila hambaKu mendekat kepadaKu sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta, apabila ia mendekat kepadaKu sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Apabila hambaKu datang kepadaKu berjalan, Aku datang kepadanya berlari.” (HR. Bukhari)

Hadis Qudsi ini menjelaskan bukti keseriusan Allah menerima ibadah maupun taubat seorang hamba. Ibadah merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah, harus dimurnikan dari tujuan lain. Ikhlas semata karena Allah, jauh dari kesyirikan yang akan menjadikan suatu amalan sia-sia dan tidak diterima. Keseriusan Allah mengajarkan kepada kita bahwa kesuksesan harus dicapai dengan upaya yang serius, rajin dan giat, menjauhi sifat malas, lemah dan putus asa.

Allah telah memberikan anugerah akal dan hati serta fitrah menuju kemuliaan. Tugas kita mengoptimalkan nikmat tersebut sesuai dengan ajaran dan tuntunan-Nya. Menghindarkan diri dari tipudaya dan jebakan setan. Disiplin dalam ibadah, serius dan tidak mainmain. Segera bertaubat jika terperosok dalam kesalahan dan dosa. Tidak menumpuk dosa kecil, memperbanyak istighfar yang akan menghapuskan dosa-dosa. Beramal baik yang dapat menghapus amalan buruk.

Hadis diatas menunjukan bahwa harapan meraih ampunan Allah begitu luas, asalkan kita jujur dengan segenap kemampuan menuju Allah, menjauhi perbuatan yang dimurkaiNya, terus istiqomah berjalan di atas petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Bahkan seharusnya berlari menuju ampunan Allah dengan segera dan tidak menunda-nunda.

Kandungan Hadis

  1. Tidak ada yang lebih valid informasinya kecuali Allah dan Rasul-Nya.
  2. Allah serius menerima amal ibadah hamba-Nya
  3. Taqarrub merupakan sarana meraih ridha Allah
  4. Ibadah harus dilakukan dengan istiqomah

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih