Published On: Thu, Dec 12th, 2013

Menjaga Lisan Dan Kemaluan

“مَنْ يَضْمَنْ لِي مَا بَيْنَ لَحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ” متفق عليه

Menjaga Lisan Dan Kemaluan“Barang siapa yang bisa menjamin untukku apa yang ada di antara dua rahangnya (lisan), dan yang ada di antara kedua pahanya (kemaluan) maka aku akan menjaminnya masuk syurga” (Muttaqun ‘alaih dari Sahl bin Saad radhiyallahu ‘anhu)

Hadits yang mulia di atas menjelaskan tentang pentingnya setiap muslim untuk selalu menjaga dua hal yang menjadi kunci jaminan masuknya seorang hamba kedalam syurga. Kedua hal itu adalah menjaga lisan. Lisan merupakan sarana kunci yang amat berharga manakala pemiliknya mampu menjaganya dengan baik. Namun realitas yang kita saksikan dalam kehidupan sosial sangat kontras dengan apa yang dijaminkan oleh Rasullullah saw. Batapa banyaknya ungkapan-ungkapan fitnah, ungkapan-ungkapan kotor dan perkataan-perkataan dusta   yang kita dengar di tengah interaksi sosial kita. Ini membuktikan bahwa dalam upaya setiap muslim untuk menggapai tempat yang termulia membutuh perjuangan yang amat berat, terutama saat kondisi masyarakat sedang mengalami degradasi aqidah dan dekadensi moral.

Hal kedua yang menjadi kunci jaminan masuk syurga adalah menjaga kemaluan. Di tengah maraknya gaya hidup hedonis dan permasif, menjaga kemaluan merupakan hal cukup berat bagi seorang muslim manakala tidak berbekal dengan imunitas keimanan yang kuat, terutama bagi kalangan muda. Style kehidupan malam, yang didukung oleh kekuatan media yang cenderung mengeksploitasi seksualiatas tanpa batas serta dunia maya yang tak terkontrol, menjadikan setiap muslim untuk senantiasa berbekal diri dengan kekuatan aqidah dan komitmen ibadah yang lebih maksimal serta menciptakan kondisi yang Islami dan kondusif secara kolektif. Namun, para pecinta Allah dan Rasul-Nya selalu bersikap cerdas agar tidak jatuh pada perzinaan. Yaitu melakukan tindakan prefentif dengan tidak masuk pada perbuataan-perbuataan dan interaksi-interaksi  yang akan menjerumuskan pada perzinaan.

Fiqh Hadits

  1. Jaminan bagi setiap muslim yang mampu menjaga lisan dan kemaluannya adalah syurga.
  2. Pentingnya menjaga lisan dan kemaluan dari hal yang diharamkan Allah.
  3. Jaminan Rasullullah merupakan jaminan yang pasti terwujud.

 

Latest posts by admin (see all)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih