Profil Al-Manar

Posted By admin On Monday, April 15th, 2013 With 0 Comments

Pusat Studi Islam AL-MANAR Sejak berdiri pada tahun 1993 oleh beberapa mahasiswa yang ketika itu masih sedang kuliah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta.

Pada mulanya lembaga ini bernama SIBAWAEH, diambil dari nama peletak dasar kaidah Bahasa Arab SIBAWAEH saat itu memfokuskan kegiatan pada pembelajaran bahasa Arab saja. Oleh karena itu pertama kali berdiri, AL-MANAR hanya menyelenggarakan Program Bahasa Arab Intensif dan Reguler yang mendapat sambutan sangat hangat dari berbagai kalangan, khususnya mahasiswa yang pada tidak banyak menemukan lembaga pendidikan non formal yang membuka kursus bahasa Arab semisal Ma’had al-Hikmah yang terletak di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Tingginya animo masyarakat mempelajari Islam dan Bahasa Arab ketika itu membuat pengurus Almanar membuka Program Dirasah Islamiyah dengan pengantar Bahasa Indonesia. Pada awal pembukaannya, program ini diserbu oleh banyak peminat yang berasal dari berbagai pihak, sehingga dibuka beberapa kelas. Namun dalam perjalanannya, program Dirasah Islamiyah ini mulai mengalami tingkat penurunan jumlah peserta seiring dengan tumbuhnya Lembaga Pendidikan Islam lainnya di berbagai tempat. Akhirnya program ini ditutup pada tahun 1996 untuk selanjutnya dilakukan evaluasi dari berbagai sisi khususnya kurikulum.

Pada perkembangannya beberapa macam program akhirnya dimunculkan. Antara lain adalah Program Dakwah, Kajian Keislaman, Amal Usaha, Sosial dan teranyar adalah Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STIDA) AL-MANAR. Adapun Program Bahasa Arab yang digulirkan sejak awal berdirinya yayasan ini, Alhamdulillah, tetap berlangsung sampai sekarang.

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih