Published On: Fri, Sep 27th, 2013

Kiat-Kiat Meraih Husnul Khatimah (Happy Ending)

 Kalimat Pembuka
Akhir kematian hanya satu di antara dua yaitu, husnul khatimah (akhir yang baik) atau  su’ul khatimah (akhir yang buruk).Para salafus shalih senantiasa berharap mengakhiri kehidupannya dengan husnul khatimah.

Diriwayatkan bahwa Amir bin Tsabit bin Az-Zubair memohon kepada Allah kematian yang baik. Ketika ia ditanya tentang hal itu, ia mengatakan:”Semoga Allah mematikan aku dalam keadaan bersujud. Ia shalat maghrib pada suatu hari, lalu Allah mematikannya dalam keadaan bersujud pada rakaat terakhir.

Maka tidak mengherankan jika mereka berlomba-lomba meraih amal-amal unggulan yang menjadi sebab dan mengantarkan kepada husnul khatimah.

Landasan Syar’i
Allah berfirman : ”Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”   (QS.Ali Imran:102)

Rasulullah bersabda : ”Demi Allah yang tiada Tuhan selain Dia.Adakalanya seorang dari kamu beramal dengan amalan ahli surga hingga jarak antaranya dengan surga hanya sehasta saja, tapi taqdir lebih cepat sehingga ia pun beramal dengan amalan ahli neraka.Dan ada kalanya seorang dari kamu beramal dengan amalan ahli neraka hingga jarak antaranya dan neraka hanya sehasta saja, tapi ia didahului oleh taqdirnya sehingga ia pun beramal dengan amalan ahli surga, maka masuklah ia ke dalam surga.” (HR.Bukhari dan Muslim) 

Sebab- Sebab Husnul Khatimah
Hal-hal yang mengantarkan kepada husnul khatimh antara lain:

1.Takut kepada Allah. Rasulullah bersabda:
“Siapa yang takut,  maka ia berusaha membekali diri, dan siapa yang berbekal maka ia sampai ke tempat tujuannya. Ketahuilah sesungguhnya dagangan Allah itu mahal. Ketahuilah bahwa dagangan Allah adalah surga.” (HR.At-Tirmidzi, Al-Hakim dan Ahmad)

2. Selalu bertaubat dari segala dosa dan maksiat, sembari memperbanyak amal shaleh.
Allah SWT brfirman: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. an-Nur:31)

Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang bertaubat dari dosa bagaikan orang yang  tak berdosa.” (HR.Ibnu Majah dan Ath-Thabrani).

3.   Berdo’a mengharapkan husnul khatimah.
Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw selalu memanjatkan do’a: “Wahai Dzat yang membalik-balikkan hati tetapkan hatiku pada agamaMu”(HR. At-Tirmizi)

“Ya Allah, baguskanlah kesudahan kami dalam semua urusan, dan selamatkan kami dari kehinaan dunia dan siksaan akhirat”    (HR.Ahmad)

4. Berangan-angan pendek.
Angan-angan pendek memacu pemiliknya untuk memanfaatkan wakunya dan beramal shalih. Dari Abdullah Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda:

“Jadilah kamu di dunia seakan-akan kamu adalah orang asing atau seorang musafir”. Ibnu Umar berkata:”Jika engkau berada pada sore hari, maka jangan menunggu pagi harinya,dan jika engkau berada pada pagi hari, maka jangan menunggu sore harinya.Pergunakan kesehatanmu sebelum sakitmu dan hidupmu sebelum matimu. (HR.Bukhari)

5. Menjauhi kemaksiatan.
Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa meninggal dalam suatu amal, maka dalam keadaan itu pula ia dibangkitkan oleh Allah.” (HR.Ahmad dan Hakim).

6. Sabar dalam menghadapi musibah.
RasulullahSAW bersabda: “Sungguh menakjubkan orang mukmin itu, bahwa semua urusannya baik, dan hal itu tidak dimiliki  oleh seorangpun kecuali orang mukmin. Jika mendapatkan kebaikan ia bersyukur maka itu lebih baik baginya, dan jika ditimpa ujian ia bersabar maka itu lebih baik baginya” (HR.Muslim).

 7.   Bersangka baik(husnudz-dzan) kepada Allah.
Rasulullah SAW bersabda : ”Allah SWT berfirman,”Aku mengikuti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. ”(HR.Muslim)

Rasulullah SAW juga bersabda: “Janganlah seorang diantara kalian mati kecuali dalam keadaan  bersangka baik kepada Allah.”(HR.Muslim)

Tanda-Tanda Husnul Khatimah
Rasulullah SAW telah menjelaskan tanda-tanda sebagai petunjuk bagi husnul khatimah. Seorang muslim yang wafat dengan salah satu tanda-tanda tersebut, maka itu merupakan kabar baik baginya.

1.   Mengucapkan kalimat syahadat ketika wafat.
2.   Wafat dengan dahi berkeringat.
3.   Wafat pada malam jum’at atau hari jum’at.
4.   Mati syahid di medan perang membela Islam.
5.   Mati karena wabah penyakit menular.
6.   Mati karena menderita sakit perut.
7.   Mati tenggelam.
8.   Wanita yang mati saat melahirkan.
9.   Mati karena sakit TBC.
10. Mati karena mempertahankan harta benda.
11. Mati karena membela agama dan jiwa.
12. Mati karena tertimbun reruntuhan.
13. Mati terbakar.
14. Mati dalam kesiapsiagaan di jalan Allah.
15. Mati sedang dalam menunaikan amal shalih.

Penutup
Akhirnya, kita memohon kepada Allah SWT agar mengkaruniakan kepada kita husnul khatimah.Juga kepada orang-orang yang kita cintai serta kaum muslimin semuanya.

“ Wahai Tuhan kami! Janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk yang benar dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”(QS.3:8).

Wallahu A’lam Bisshowab

 

 

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih