Published On: Mon, Oct 27th, 2014

Pelajaran Berharga dari Peristiwa Hijrah; Refleksi Terhadap Konteks Kekinian (Bag. 5)

Share This
Tags

Pelajaran Berharga dari Peristiwa HijrahKeutamaan Hijrah dan Hikmahnya

Keutamaan Hijrah:
1. Rezki yang berlimpah di dunia (An-Nisa: 100) (Al-Anfal: 79)
2. Kesalahan dihapus dan dosa diampuni (Ali Imran: 195)
3. Derajatnya ditinggikan oleh Allah (At-Taubah: 20)
4. Kemenangan yang besar (At-Taubah: 20, 100)
5. Tempat kembalinya adalah surga (At-Taubah: 20-22)
6. Mendapatkan ridha dari Allah (At-Taubah: 100)

Rangkuman Pelajaran dan Petikan Hikmah:

a) Cinta Allah dan Rasul-Nya melebihi kecintaan kepada Jiwa, Negara, bangsa, suku, bapak, ibu, saudara kandung. Firman Allah:

Katakanlah, “Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yg kamu usahakan, perdagangan yg kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah2 tempat tinggal yg kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan RasulNya serta berjihad di jalanNya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusanNya”. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang2 fasik. QS At Taubah : 24.

Karena itulah, taat Allah dan rasul-Nya bersifat mutlak, dan taat kepada pemimpin terbatas pada hal-hal yang sesuai dengan ketetapan Allah dan Rasul-Nya. Demikian pula bunyi hadits yang menegaskan, “Tidak ada ketaatan apa pun kepada mahluk, selama menyuruh kepada kemaksiatan.”

Namun, menghormati Jiwa, Negara, bangsa, suku, bapak, ibu, saudara kandung, tetap harus di bawah pengarahan syari’at. Yakni, memperlakukan mereka dengan penuh kasih sayang, termasuk menjelaskan hakikat cinta dan tingkatannya dalam Islam. (lihat penjelasannya dalam tulisan kami: Energi Spiritual al-Fatihah, Dapur Buku, Cet. 1, th. 2013.

Mencintai sesorang, kelompok, bangsa, Negara, dll berdasarkan pada kebenaran. Karena loyalitas kita kepada kebenaran, bukan kepada kelompok, orang, suku, dll. Siapa pun mengetahui kebenaran akan mengetahau orang, kelompok, bangsa, Negara yang memperjuangkan kebenran itu. Bukan kebenaran yang diukur oleh seseorang, kelompok, Negara, dll.

b) Dalam menegakkan kebenaran diperlukan pengorbanan jiwa, raga dan harta yang besar. termasuk tuduhan, hinaan, penjara, pengusiran, (Jihad dalam arti luas).

c) Agama di atas Nasionalisme buta. Karena negara adalah takdir, sedang agama adalah pilihan. Kita masuk sorga karena pilihan bukan karena takdir yang tidak ada hak pilih di dalamnya. Jika nasionalisme melebihi kebenaran maka tidak akan pernah ada hijrah. surat al-kahfi tidak akan terbaca di mushaf, Rasulullah tidk akan hijrah, dan manusia akan kehilangan petunjuk kebenaran. klo ini terjadi, apa kata dunia!?

d) Hijrah mengajarkan tentang urgensi tawakal dan usaha dalam Islam. Bahwa kemenagan harus diupayakan melalui langkah-langkah manusiawi yang diarahkan oleh Allah. Sedang hasilnya diserahkan kepada Allah. Tanpa usaha manusia, Allah bisa memenangkan kebenaran. Tapi jika kebenaran diraih hanya lewat mukjizat Allah, tanpa perjuangan keras, maka manusia tidak akan memahami makna kepuasan dan kebahagian dari usaha dan perjuangan serta tidak akan paham cara mempertahankan kemenagan itu dan mengisinya dengan kebenran. Jika Adam dan Hawa menikmati kenikmatan sorga tarus, tanpa keluar ke bumi untuk berusaha keras kembali kepadanya dengan beragam perjuaangan, maka nilai kenikmatan sorga tidak bisa dia hargai dengan maksimal
Hasil keringat lebih membahagiakan skali pun hanya sekelas indomie. Milyaran rupiah tidak terlalu berharga kalau tidak disertai cucuran keringat. Bahkan pemberian, terkadang memenjarakan dan menghinakan. Sedang kemadirian memberikan kemerdekaan dan kebebasan. Selamat berhijrah dalam istiqamah dan penuh kebahgiaan. Wallahu a’lam. Semoga kita bersua di sorga Allah karena FB menyatukan kita dalam iman dan takwa. Amin.

Referensi:

Diolah dari beragam sumber

About the Author

- Ketua Program Kajian Islam PSI Al-Manar & Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Al-Manar

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Dukung Kami !!!
Klik tombol dibawah ini, Terima Kasih