Keutamaan Surat Al-Mulk

Keutamaan Surat Al-Mulk

عن عبدِ اللهِ بنِ مسعودٍ قال : مَنْ قَرَأَ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ كُلَّ لَيْلَةٍ مَنَعَهُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَكُنَّا فِيْ عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نُسَمِّيْهَا الْمَانِعَةَ، وَإِنَّهاَ فِيْ كِتَابِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، سُوْرَةٌ مَنْ قَرَأَ بِهَا فِيْ كُلِّ لَيْلَةٍ فَقَدْ أَكْثَرَ وَأَطَابَ . رواها النسائي، وحسنه الألباني

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Siapa yang membaca ‘Tabarakalladzi bi yadihil mulk (surat Al Mulk)’, setiap malam, maka Allah akan mencegahnya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah Saw. menamakan surat tersebut dengan ‘al-Mani’ah’ (penghalang dari siksa kubur). Dia merupakan salah satu surat di dalam Kitabullah. Siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak (bacaannya) dan telah berbuat kebaikan.” (HR. an-Nasa’i dan Tirmidzi. Status hadits: Hasan berdasarkan penelitian Syaikh al-Albani).

Alam kubur adalah salah satu fase perjalanan kehidupan manusia menuju tempat yang lebih kekal yaitu surga atau neraka. Akan tergambar tempat kehidupan seorang manusia di surga atau neraka dari kondisinya di alam kubur. Kenikmatan dalam alam kubur merupakan salah satu tanda akan mendapatkannya kenikmatan di surga dan begitu pula sebaliknya. Siksaan dalam kubur sebagai pertanda akan adanya siksaan untuknya di neraka.

Rasulullah Saw. mengajarkan kepada ummatnya amalan yang insya Allah dapat mencegah siksa kubur. Diantara amalan itu adalah dengan senantiasa membaca surat al-Mulk sebelum tidur. Mengapa harus surat al-Mulk? Diantara keutamaan surat al-Mulk adalah sebagaimana disampaikan Rasulullah Saw. dalam sabdanya, “Ada sebuah surat dalam Al-Qur’an yang berjumlah 30 ayat, yang memberikan dapat syafaat kepada seseorang sampai diampuni dosa-dosanya, yaitu surat “Tabarakalladzi biyadihil mulk (Surat Al-Mulk).” (Hadits shahih riwayat Imam Ahmad dalam Musnad-nya, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.)

Ketika seseorang senantiasa mengamalkan surat al-Mulk sebelum tidur maka Allah Swt. akan menghapuskan dosa-dosanya. Dengan dihapuskannya dosa-dosa seseorang maka insya Allah orang itu akan terhindar dari siksa kubur.

banner 468x60

No Responses

Leave a Reply